Tuesday , 19 March 2019
Home / News / DPRD: Disdukcapil-BPS Batubara Perlu Tingkatkan Kerjasama

DPRD: Disdukcapil-BPS Batubara Perlu Tingkatkan Kerjasama

Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Batubara, Fahri Iswahyudi, mengharapkan Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil-Badan Pusat Statistik setempat dapat meningkatkan koordinasi dan kerjasama antar lembaga.

Hal itu menurut dia menjadi urgen untuk dilakukan, khususnya untuk mewujudkan adanya data yang lebih akurat  serta kesamaan angka mengenai jumlah penduduk yang mendiami daerah itu.

Terlebih data penduduk punya pengaruh besar dalam berbagai aspek yang akan dilakukan pemerintah, seperti peningkatan upaya pembangunan yang terkait dengan kesejahteraan rakyat.

Selaun itu yang juga penting, adalah terkait dengan kelangsungan proses berdemokrasi, di mana jumlah penduduk akan menentukan besaran kuota kursi pada setiap daerah pemilihan, serta besaran jumlah anggota DPRD yang akan mewakili suara masyarakat setempat.

Ia mengungkapkan, dalam gelaran rapat dengar pendapat yang dihadiri pejabat Disdukcapil dan BPS belum lama ini, diketahui terdapat selisih yang cukup besar mengenai jumlah penduduk yang dimiliki kedua instansi penting tersebut, dengan angka sekira 50.000 jiwa.

Disebutkan Yudi, versi Disdukcapil sekira 358 ribu jiwa sedangjan versi BPS lebih dari 400 ribu jiwa.

About Kominfo Batubara

Leave a Reply