Thursday , 20 June 2019
Home / News / Kementerian / ‘Tol Langit’, Kombinasi Palapa Ring dan Satelit Multifungsi

‘Tol Langit’, Kombinasi Palapa Ring dan Satelit Multifungsi

Jakarta, Kominfo  – Keseriusan pemerintah dalam membangun infrastruktur, perlahan mulai akan dirasakan oleh seluruh masyarakat. Salah satunya adalah infrastruktur telekomunikasi internet cepat.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan, istilah dari ‘Tol Langit’ yang sempat viral beberapa waktu lalu adalah merupakan kombinasi dari Proyek Palapa Ring dan satelit multifungsi yang dimiliki Indonesia.

“Kita (pemerintah) pastikan, di Indonesia tidak akan ada lagi internet lemot. Ini barangkali yang disebut Tol Langit, kombinasi antara Palapa Ring dengan Satelit,” kata Menteri Rudiantara di acara HIMPUNI di Jakarta, Rabu, (3/4/2019).

Berkaitan dengan konstruksi Palapa Ring, Menteri Rudiantara mengatakan Palapa Ring Barat dan Tengah telah 100 persen selesai masa konstruksinya. Sementara, Palapa Ring Timur sudah 95 persen, dan ditargetkan akan selesai dikerjakan pertengahan tahun 2019.

“Pertengahan tahun 2019 ini, semua kabupaten dan kota (di seluruh Indonesia) sudah terhubung dengan internet kecepatan tinggi atau broadband,” ucap Menteri Rudiantara.

Menteri Kominfo menyatakan pemerintah menargetkan Indonesia memiliki satelit sendiri. Sehingga pemerintah optimis untuk memfasilitasi semua pelayanan bagi masyarakat melalui internet.

“Kita pastikan sekolah SD, SMP dan SMA terhubung dengan broadband. Bukan hanya dengan internet yang sekarang dipakai UNBK, tapi harus dipakai untuk proses belajar mengajar,” tambah Menteri Rudiantara.

Selain fasilitas pendidikan, lanjut dia, pemerintah juga memastikan 83 ribu kantor desa, lebih dari lima ribu puskesmas, fasilitas Rumah Sakit, kantor Polsek dan Koramil, bakal terhubung dengan internet kecepatan tinggi.

“Tahun ini Indonesia akan merayakan hari kemerdekaan yang ke-74 tahun, juga sekaligus merayakan Indonesia merdeka sinyal,” pungkasnya.**

SUMBER

About Kominfo Batubara

Leave a Reply